Perawatan Luka Ayam Aduan Mempunyai 7 Cara Penyembuhan

Perawatan Luka Ayam Aduan Mempunyai 7 Cara Penyembuhan mau itu luka dalam atau luka luar. Setelah Ayam Aduan kita melakukan pertandingan diarena S128 pastinya mengalami berbagai jenis luka yang diderita Ayam Aduan. Yang terkena hantaman dibagian kepala ayam, luka dibagian sayap atau tubuh mengenai taji. Kaki Ayam Aduanyang terkilir akibat keseleo di arena pertandingan.

Sabung Ayam Aduan Maka dari itu kami akan membahaskan cara perawatan yang diderita pada saat selesai diadukan Ayam Bertanding. Dalam perawatan ini bisa di bantu dari faktor makanan, lingkungan atau suasana sekitar Ayam Aduan. Dan pengobatan ini juga menggunakan obat-obat herbal alami walaupun lama penyembuhan yang di derita Luka Ayam Aduan. Tapi pastinya hasil dari penyembuhan luka Ayam Aduan akan sembuh total. Dan Ayam kesayangan kita bisa melakukan beradu kembali di pertandingan Laga Ayam.

Baca Juga : Manfaat Buah Aprikot Kesehatan Ayam Bangkok Berupa Nutrisi

Perawatan Luka Ayam Aduan Mempunyai 7 Cara Penyembuhan

Perawatan Luka Ayam Aduan Mempunyai 7 Cara Penyembuhan

  • Perawatan Luka Dalam Pada Ayam Aduan

Untuk menjaga perawatan luka dalam dapat beri antibiotik seperti amoxicilin. Cukup ditelankan satu tablet pada ayam aduan ini. Sebab mempunyai tujuan untuk mengobati luka dalam serta mempercepat penyembuhan luka luar.

Bahan alami yang dibutuhkan yaitu parutan kunyit, jahe, serta gula merah bisa diberi pada ayam aduan untuk menyehatkan. Serta menjaga-jaga agar masalah pencernaan seperti diare atau berak kapur.

  • Perawatan Luka Luar Pada Ayam Aduan

Luka luar pada ayam aduan diharuskan membersihkan terlebih dulu. Dengan antiseptik seperti revanol atau yodium, obat merah atau betani, juga bisa dibersihkan menggunakan minyak tanah atau bensin. Tapi jika darah ayam aduan S128 terus mengalir dari luka tersebut cara menghentikan pendarahan dengan tempelkan bubuk kopi pada luka tersebut. Bila ayam aduan mempunyai luka yang lebar atau sobek, semestinya luka itu harus dijahit lagi.

Memakai kunyit jadi antibiotik pada ayam bangkok aduan triknya menggunakan parutan kunyit dioles-oleskan keseluruh sisi luka. Serta anggota badan ayam aduan yang memar. Untuk luka yang cukup parah, beri salep atau kunyit dengan dioles-oleskan dengan perlahan-lahan. Dilakukan setiap 2x satu hari yaitu pada sore dan pagi hari. Untuk luka yang cukup dalam seperti luka mengenai taji semestinya suntikan antibiotik atau cairkan amoxicilin di sekitar luka ayam dahulu.

  • Perawatan Mata Pada Ayam Aduan

Ayam Aduan yang mengenai taji pada pukulan ayam anda dapat beri cairan dari cabe merah. Air cabe benar-benar sangat perih, namun akan cepat untuk mengobati luka pada mata Ayam Aduan.

  • Perawatan Paruh Patah Pada Ayam Aduan

Bila paruh Ayam Aduan goyang atau terlepas karena itu pasang serta atur kembali dengan mengkaitkan benang ke jengger Ayam Aduan. Dilihat kembali semua telah dibersihkan bagian paruh serta beri kunyit atau salep. Bagaimana juga paruh yang asli harus dipasang kembali. Bila tidak paruh yang baru akan bertumbuh tidak terukur serta cacat memiliki bentuk.

BACA JUGA : Ayam Laga Pakan Buah Pir Berupa Manfaat

  • Perawatan Otot dan Kaki Pada Ayam Aduan

Sesudah ayam aduan selesai bertanding. Semua otot-otot ayam aduan perlu dilemaskan kembali dengan cara memijat yang diawali dari otot leher, sayap, paha serta kaki.

Bagian kaki benar-benar diprioritaskan sebab bila tidak dilemaskan ditakutkan pada esok harinya. Ayam Aduan akan kaku untuk berjalan serta bisa alami tedun atau turun urat.

Untuk mengoleskan (jangan diurut) pada paha dan kaki ayam aduan dengan perlahan-lahan. Bahan yang digunakan yaitu parutan jahe, batang sereh, atau minyak gosok gpu atau geliga.

  • Meletakan Kandang Pada Ayam Aduan

Sangat disarankan untuk meletakan kandang pada Ayam Aduan lainnya. Diharapkan meletakan pada sebelah kandang Ayam Babon. Kenapa? dikarenakan dapat memancing aura kejantan ayam secara Psikologis dan bisa juga mempercepat penyembuhan pada Luka yang di derita Ayam Aduan.

  • Pemberian Makan Pada Ayam Aduan

Jika Ayam Aduan tidak mau makan seperti biasa atau nafsu makan kurang. Diberikan cairan yang ujungnya dikasih selang kecil atau mungkin dengan alat suntik yang jarumnya dapat dilepaskan. Cairan yang diberi dapat berbentuk larutan gula merah, susu cair, dapat ditambahkan lagi dengan multivitamin. Seterusnya bisa diberi makanan yang mudah dicernah dengan dilolohkan.

Itulah penjelasan dalam perawatan luka pada ayam aduan kesayangan kita. Jika luka pada ayam aduan sudah memparah atau luka yang sudah lebar. Segeralah diobati langsung, jangan menunggu sampai luka pada ayam lebih parah. Kita sebagai sesama pecinta Ayam Aduan harus saling sharing agar Ayam Aduan terlihat lebih sehat dan bugar. Demikian penjelasan dari Ahli Tajen, Terima kasih atas kunjungan anda.

Dengan label: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*