Mengobati Berak Kapur Ayam Bangkok Aduan Cara Mengatasinya

Mengobati Berak Kapur Ayam Bangkok Aduan Cara Mengatasinya Penyakit Menular ini. Berak Kapur atau Pullorum kebanyakan disebut berak putih. Penyakit berak kapur pada Ayam Bangkok Aduan benar-benar beresiko yang akan menyebabkan jumlah kematian tinggi.

Ayam Bangkok Aduan yang berusia 1-10 hari penyakit berak kapur tidak cuma ayam saja yang terserang. Tetapi unggal yang lain seperti puyuh, burung, kalkun, angsa serta lainnya. Penyakit berak kapur ini disebabkan oleh bakteri samonella pullorum. Serta bakteri negatif yang bisa bertahan hidup lebih dari 1 tahun didalam tanah.

ARTIKEL SEBELUMNYA : Cara Memilih Ayam Bangkok Aduan Dari Fisik Tubuh

Mengobati Berak Kapur Ayam Bangkok Aduan Cara Mengatasinya

Mengobati Berak Kapur Ayam Bangkok Aduan Cara Mengatasinya

Biasanya penyakit Berak Kapur banyak sekali diderita oleh ayam dan unggas lainnya. Meskipun tertularan diberbagai umur tetapi kebanyakan yang paling tinggi ditularkan oleh anak ayam. Yang baru menetas mencapai 40% atau jumlah kematian ayam yang tertularan mencapai 85%.

  • Tertularan Berak Kapur Pada Ayam Bangkok Aduan
  1. Tertularan dari keterunan induknya yaitu dari telur.
  2. Bisa tertularan dari lingkungan sekitar seperti Kandang. Peralatan Ayam Aduan atau Pakaian dari peternak kandang ayam yang sudah tercemar.
  • Gejala Penyakit Jika Terjadinya Berak Kapur
  1. Kotoran akan berwarna putih seperi kapur biasanya.
  2. Akan melekat dibagian dubur yang akan berwarna keputihan.
  3. Kloaka akan terjadinya kotoran sampai kering dan lengket.
  4. Jengger akan berwarna keungguan.
  5. Mata akan tertutup serta nafsu makan akan menyusut atau alami penurunan.
  6. Keadaan ayam akan lemah serta mempunyai pergerakan lambat.
  7. Ke-2 sayap akan mengantung serta kelihatan kusam.
  8. Alami lumpuh sebab artritis.
  • Cara Mengatasi Berak Kapur Ayam Bangkok Aduan

Mengatasi berak kapur yang telah menular pada Ayam Bangkok Aduan. Bisa dilakukan dengan bersihkan kandang, perlengkapan Ayam Bangkok. Membersihkan sisa makanan dalam kandang, dan diharuskan memakai antiseptic untuk membantu mengurangi bakteri atau jamuran yang melekat dalam kandang. Tidak hanya itu, lakukan pemberian pakan yang bergizi, dan lakukan penyuntikan antibiotik secara baik. Agar meningkatkan kekebalan tubuh Ayam Bangkok Aduan dari serangan beberapa jenis penyakit.

  • Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok

Mengobati dapat dilakukan dengan menyuntikan antibiotik, contohnya coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas sesuai dosis yang di tetapkan. Pada umumnya penyuntikan ini bisa dilakukan pada bagian sayap. Bila ayam telah parah, semestinya segera dimusnahan untuk putuskan siklus bakteri yang mengakibatkan berak kapur kembali. Penumpukan yang jauh dari kandang atau pada Ayam Bangkok lainnya untuk menghindarkan keracunan bakteri. Berada dalam tubuh Ayam Bangkok yang terjadinya penyakit Berak Kapur tersebut.

Demikian penjelasan kali ini yang membahaskan Mengobati Berak Kapur Ayam Bangkok Aduan Cara Mengatasinya. Apabila jika terjadi hal seperti ini segeralah di obati sebelumnya keadaan ayam kesayangan kita akan lebih parah. Terima kasih atas kunjungan tajenonline

Dengan label: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*