Ayam Serama Atau Ayam Kerdil Di Dunia

Ayam Serama Atau Ayam Kerdil Di Dunia – Walau ayam serama mempunyai Badan yang kerdil, unggas ini pantang kurang percaya diri.

Ayam Serama Atau Ayam Kerdil Di Dunia

Ayam Serama Atau Ayam Kerdil Di Dunia

Ayam ini benar-benar suka bergaya petentang-petenteng serta tidak sangsi berkokok keras. Serama diklaim jadi ras ayam paling kecil di dunia. Dulu beberapa orang berasumsi jika ayam kate ialah ayam paling kecil di dunia. Tetapi hal tersebut telah mulai kadalauarsa serta terbantahkan oleh hadirnya ayam serama ini. Ayam serama yang makin kecil makin bagus sebab banyak dicari oleh penghobi ayam hias.

Dalam Asal mula Cikal ini akan lahirnya ayam serama ialah nama serama yang diberi ini. Sebab diambil dari tokoh Sri Rama dalam epos. Ramayana itu dikenalkan pertama-tama pada kontes ayam hias di Batu Pahat pada 1990-an. Waktu itu menghebohkan kontes dunia ayam hias. Sampai selanjutnya ayam ini dinamakan Ayam Serama sebab bertingkah seperti raja yang gagah dengan dada membusung. Ayam serama kelihatan anggun waktu jalan-jalan.

Sejarah Ayam Serama

Ayam Serama nyatanya adalah ayam hasil persilangan yang dikerjakan oleh seseorang masyarakat negara Malaysia. Di bawah ini kisahnya.

Percobaan Ke-1

Riwayat ayam serama sangat panjang, yakni ialah seseorang. Wee Yean Een yang biasa di panggil Pak Wee yang datang dari Kampung Cina, Kota Baru, Kelantan, Malaysia.

Beliau melakukan eksperimen benar-benar panjang serta memerlukan waktu yang lumayan lama. Untuk memperoleh ayam serama yang berbadan kerdil serta membusung ini. Sebelumnya Pak Wee melakukan eksperimen menyilangkan ayam kapan yang kaki panjang dengan ayam silkie pada 1973.

Kapan yang bertubuh ramping dengan berat 750 gr. Dada cukup datar. Dan ekor condong tegak lurus dikawinkan dengan ayam silkie yang bertubuh gempal serta berbobot lebih kecil, 650 gr. Dari penyilangan itu diinginkan ada kapan bertubuh kecil bak silkie. Tetapi dari hasil persilangan itu belum sesuai dengan keinginan sebab membuahkan silkie berkaki panjang.

Percobaan Ke-2

Selanjutnya pada tahun 1980-an Pak Wee mendapatkan Sabung Ayam kapan kecil seperti silkie. Selanjutnya kehadiran beberapa ekor katai jepang pada 1985 menggugah Pak Wee menyilangkan dengan kapan kecil itu. Katai jepang mempunyai tampilan bagus. Dadanya lebar serta punggung benar-benar pendek dekati huruf U.

Hasil persilangan pertama membuahkan katai jepang berkaki panjang dengan berat sekitar 650 gr/ekor. Berat ayam semacam itu masih dipandang Pak Wee begitu besar serta berat.

Percobaan Ke-3

Sampai selanjutnya di tahun 1988, Pak Wee menyilangkan keturunan hasil dari persilangan itu dengan kate jepang pilihan. Hasilnya pada 1990 Pak Wee memperoleh ayam liliput berbobot 500 gr. Figurnya juga turut beralih , kepala kecil serta sayap menggantung menjuntai kebawah. Ayam itu kelihatan ramping serta ekor lawi lurus menjulang.

Dengan label: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*